DOWNLOADFREE WORDPRESS TEMPLATES

Antisipasi Serangan RansomWare WannaCrypt

Akhir-akhir ini lagi heboh berita Ransomware Wannacrypt atau bisa juga di sebut WannaCrypt, WannaCry atau Wcry. wannacrypt telah menyerang hampir 74 negara, bahkan sudah ada korban di Indonesia, 2 rumah sakit di Jakarta.

Wannacrypt sebenarnya adalah program khusus milik NSA, Badan intelijen militer Amerika Serikat. Program ini di gunakan untuk membajak semua informasi dari target buruan. Akan tetapi berhasil di curi dan di publikasikan pada April 2017 lalu, sejauh ini Wannacrypt sudah membobol ribuan komputer yang terkoneksi internet.

Wannacrypt menyerang jaringan komputer berbasis Windows dengan mengeksploitasi Microsoft’s SMB file-sharing services. Sehingga, pada Maret 2017 lalu, pihak Microsoft sudah merilis patch khusus untuk menambal celah yang bisa di manfaatkan oleh Wannacrypt ini.

Saking seriusnya efek serangan ini, Microsoft sampai membuatkan patch update khusus bagi versi Windows yang sudah tidak mendapatkan support seperti Windows XP dan Windows 8.

Bagaimana mengantisipasi serangan Wannacrypt di komputer kita? berikut ada beberapa tips yang saya rangkum dari website lain :
1. Update Versi Windows.

Microsoft sudah merilis patch khusus untuk mengantisipasi serangan Wannacrypt ini pada Maret 2017 lalu, sehingga apabila komputer anda terbiasa update, maka tidak perlu khawatir. Namun, apabila komputer belum melakukan update, maka segera lakukan update ke versi terbaru.

Namun bagi anda pengguna versi windows yang sudah terhenti layanan supportnya, maka bisa mendownload patch terbaru untuk melakukan update secara manual.

2. Update Antivirus

Pastikan komputer anda sudah terinstall antivirus, dan sudah melakukan update.

Baca Juga :  Nokia Merilis Smartphone Baru Berbasis Android

3. Matikan Port 135 dan 445

Berdasarkan laporan berbagai perusahan antivirus, WannaCrypt menginfeksi Windows melalui port SMB (Server Messages Block). Ada baiknya anda mematikan port tersebut untuk menghindari serangan dari Wannacrypt.

Buka command prompt as administrator, kemudian jalankan perintah berikut :

netsh advfirewall firewall add rule dir=in action=block protocol=TCP localport=135 name=”Block_TCP-135″

netsh advfirewall firewall add rule dir=in action=block protocol=TCP localport=445 name=”Block_TCP-445″

4. Matikan Dukungan SMBv1

Selain dengan mematikan port diatas, kamu juga bisa menutup celah yang dipakai oleh WannaCrypt dengan mematikan dukungan SMBv1. Caranya buka saja Command Prompt (CMD) as Administrator, lalu jalankan command berikut ini:

dism /online /norestart /disable-feature /featurename:SMB1Protocol

Ok, itulah beberapa cara mengantisipasi serangan WannaCrypt.

Source :
winpoin.com
opensources.info

Leave a Reply