DOWNLOADFREE WORDPRESS TEMPLATES

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

Semenjak pemerintah meluncurkan program BPJS Kesehatan, berbondong-bondong masyarakat melakukan pendaftaran, yang antri bisa membludak, bahkan ada yang antri 3 jam sebelum jam buka kantor. Sebagai sarana mempermudah pendaftaran, pihak BPJS Kesehatan menyediakan pendaftaran secara online.

Sebelum melakukan pendaftaran, harap di siapkan terlebih dahulu berkas yang di butuhkan :

  1. Kartu Keluarga
  2. KTP
  3. Koneksi Internet
  4. Komputer/Laptop
  5. Kopi
  6. Nasi padang
  7. Bakso
  8. Dst. kwkwkw

Registrasi BPSJ Kesehatan

1. Silahkan buka link Website BPJS Kesehatan , kemudian pilih Pendaftaran Online

2. Silahkan di baca Syarat dan ketentuan yang tercantum. Jika Setuju silahkan centang pada kotak yang di sediakan, kemudian klik Pendaftaran

 

Syarat dan Ketentuan

3. Step berikutnya kita akan memilih Jenis Kepesertaan :

  • Pekerja Bukan Penerima Upah adalah setiap orang yang bekerja atau berusaha sendiri atas risiko sendiri
  • Bukan Pekerja adalah setiap orang yang mendaftarkan diri menjadi Peserta BPJS Kesehatan bukan sebagai Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah atau Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah di bagi menjadi 3 : Investor, Penerima Pensiun Swasta, dan Pemberi Kerja.

Setelah di tentukan jenis kepesertaannya, silahkan ambil Kartu Keluarga anda, kemudian perhatikan Nomor KK nya. Centang terlebih dahulu pernyataan pendaftaran peserta agar bisa input nomor KK.

 

Isikan Nomor KK pada kolom yang tersedia, kemudian isikan Kode Captcha dengan benar, dan Klik tombol Inquery Kartu Keluarga. Apabila berhasil, nantinya di kolom bawah akan muncul daftar anggota keluarga yang tertera di Kartu Keluarga

Pendaftaran Peserta BPJS

 

Klik Proses Selanjutnya

4. Step berikutnya, isi data peserta BPJS Kesehatan. Isi sesuai KTP/Kartu Keluarga.

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama adalah tempat pertama kali memeriksakan diri saat sakit, bisa puskesmas, klinik atau prakter dokter pribadi terdekat dengan alamat, tapi sudah terdaftar dalam Faskes BPJS Kesehatan. Jadi, apabila saat mendaftar BPJS Kesehatan menentukan Klinik Mawar sebagai Faskes Pertama, maka selanjutnya hanya bisa periksa di Klinik Mawar ini, apabila ingin pindah Faskes harus mengajukan di kantor BPJS terdekat dengan masa keanggotaan minimal 3 bulan.

Baca Juga :  Bisnis Online dengan Linkworth

Apabila Faskes Tingkat Pertama ini tidak mengatasi sakit pasien, maka akan di rujuk ke Faskes Tingkat Kedua, berikut seterusnya ke Faskes Tingkat Ketiga.

Pengisian Data Peserta BPJS

 

5. Isi data yang lengkap dari semua anggota keluarga.

6.  Tentukan Kelas yang akan anda gunakan. Tiap kelas memiliki nilai iuran berbeda.

Kelas I Rp. 80.000/bulan/jiwa
Kelas II Rp. 51.000/bulan/jiwa
Kelas III Rp. 25.500/bulan/jiwa

Dalam satu kartu keluarga, wajib di daftarkan BPJS Kesehatan semua.

Biaya obat dan medis tiap kelas sama, yang berbeda hanya biaya non medis seperti biaya kamar.

  • BPJS Kesehatan Kelas 1 Memiliki hak kamar rawat kelas 1. Sekitar 2-4 bed tiap kamar. Boleh naik kelas ke kelas VIP atas permintaan sendiri dengan menanggung selisih tarif VIP lokal.
  • BPJS Kesehatan Kelas 2 Memiliki hak kamar rawat kelas 2. Sekitar 3-5 bed tiap kamar. Boleh naik kelas ke kelas 1 atas permintaan sendiri dengan menanggung selisih biaya kamar, dan boleh naik kelas ke kelas VIP dengan menanggung selisih tarif VIP lokal.
  • BPJS Kesehatan Kelas 3 Memiliki hak kamar rawat kelas 3. Sekitar 4-6 bed tiap kamar. Tidak boleh naik kelas atas permintaan sendiri.

Yang disebut naik kelas atas permintaan sendiri itu misalnya pasien BPJS Kesehatan kelas 2 pasca persalinan di rumah sakit, kemudian sang ibu ingin suasana yang tenang, jadi ingin naik kelas ke kelas 1, maka hal ini diperbolehkan, dan pasien harus menanggung selisih bayar.
Tapi, untuk pasien JKN-KIS BPJS Kesehatan PBI dan non-PBI dengan hak perawatan kelas 3, tidak diperbolehkan naik kelas atas permintaan sendiri.

Kelas BPJS Kesehatan

7. Setelah mengisi data rekening dan email, kemudian klik Kirim Email. Cek email anda untuk melakukan aktivasi layanan BPJS Kesehatan, dan melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Baca Juga :  Inpaint - Remove elements from your photos

8. Setelah melakukan Aktivasi, nanti anda akan mendapatkan kartu virtual yang akan di gunakan untuk melakukan pembayaran iuran.

9. Pembayaran iuran bisa di lakukan melalui bank, ATM, Layanan PPOB dan Internet Banking.

Bentuk Kartu Virtual BPJS Kesehatan

 

Leave a Reply