DOWNLOADFREE WORDPRESS TEMPLATES

Cara Mudah Instalasi Boxbilling

Bagi anda yang terbiasa transaksi online, tentu sudah familiar dengan sistem pembayaran yang tertera detail item pembelian, jumlah yang harus di bayar, alamat pengiriman, alamat penerima, masa berlaku produk dan seterusnya. Nah, misal kita mau jual produk serupa, tentunya harus memiliki kemampuan untuk mengolah sistemnya, entah membuatnya dari nol kalo anda programmer, atau utak atik plugin pendukung, atau menggunakan software billing.

Software billing ini ada banyak jenisnya, ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Kalo di dunia Hosting, billing yang populer adalah WHMCS, akan tetapi billing ini berbayar, dan tidak murah. Paling murah skitar $15.95/bulan hingga yg paling mahal $39.95/bulan. Bagaimana kalo usaha anda baru merintis? harga sewa segitu tentu menguras kantong. Nah, salah satu billing yang umum di pakai adalah BoxBilling. Ada versi gratis dan berbayar.

Billing ini tidak harus digunakan untuk usaha hosting, misal anda menjual program/software bisa menggunakan billing ini, di dalamnya anda juga bisa berinteraksi dengan user berkaitan dengan proses aftersalesnya. Jadi lebih mudah komunikasinya.

Tahap awal yang harus anda lakukan sebelum menggunakan billing ini adalah instalasi. Biasanya program ini sudah tersedia di cPanel hosting, jadi cara installnya sama seperti anda install CMS lainnya, contoh install wordpress.

Instalasi

1. Boxbilling

2. Pilih domain tempat billing akan di install. Apabila menggunakan subdomain, anda harus menambahkan subdomain terlebih dahulu lewat cPanel.

Cronjob adalah perintah otomatis agar program menjalankan programnya secara otomatis berdasarkan interval waktu. Misal, produk kita memiliki masa aktif, maka dengan mengaktifkan cronjob, nantinya program akan memberikan perintah pemutusan layanan tepat pada saat masa aktif berakhir secara otomatis.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Hosting dan Domain Gratis

3. Setelah proses instalasi selesai, kita akan mendapatkan link admin dan user.

4. Instalasi sudah selesai 😀

Pada post berikutnya, saya akan membahas konfigurasi BoxBilling.

Tampilan Boxbilling Admin
Tampilan Boxbilling Client

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *