DOWNLOADFREE WORDPRESS TEMPLATES

Membayar Denda Keterlambatan BPJS Kesehatan

Sakit, siapa sih yang pengen? Apalagi sampai harus nginep di rumah sakit. Orang kaya sekalipun ga bakalan mau nginep di rumah sakit, apalagi berhari-hari. Lom lagi jarum suntik yang setia menancap di pergelangan tangan. Sehat adalah harta paling berharga, bahkan harta paling bernilai pun ga ada akan bisa mengganti kesehatan.

Beberapa hari yang lalu, anak saya masuk rumah sakit, perkiraan sih karena rajin main di luar saat udara lagi panas-panas nya 🙁 badan drop, kena radang tenggorokan dan trombosit turun sampai 70ribu. Karena pernah pengalaman drop parah karena trombosit turun, langsung kami bawa ke rumah sakit. Diagnosa awal demam berdarah, kemudian setelah di lakukan tes darah ulang, diagnosa menjadi gejala typhus, tapi masih belum pasti, perlu observasi beberapa hari.

Karena kami sudah terdaftar di BPJS Kesehatan, maka tidak terlalu pusing mikir biaya yang akan di keluarkan. Akan tetapi pihak administrasi memberitahukan kalo kartu BPJS Kesehatan anak kami terblokir karena pernah terlambat. Maka harus secepatnya di urus ke kantor BPJS Kesehatan untuk membuka blokirnya. Karena masuk rumah sakit udah sore, maka harus urus besok hari.

Sebelum menuju kantor BPJS Kesehatan, saya sempatkan searching dulu di google, gmna sih prosedur membuka blokirnya? kemudian berapa sih besaran dendanya? sampai bertanya di akun twitter @BPJSKesehatanRI

Besaran Denda

Bagi anda yang bertanya, kok bisa kena blokir gara2 terlambat bayar iuran? Jadi gini, dalam aturan BPJS Kesehatan, apabila terlambat membayar iuran selama 1 bulan, maka otomatis kartu akan di blokir/non aktifkan. Agar aktif kembali cukup membayar tagihan iuran yang tertunggak tersebut. Akan tetapi, apabila dalam 45 hari setelah pelunasan tunggakan, kartu tersebut di gunakan untuk rawat inap maka peserta BPJS Kesehatan akan di kenakan denda, dengan besaran 2.5% dari biaya berobat di kali jumlah bulan tertunggak. Anda tidak akan kena denda apabila kartu BPJS Kesehatan tersebut di gunakan setelah lewat 45 hari semenjak tanggal pelunasan tunggakan.

Baca Juga :  Pizza Hut, Waralaba Makanan Asal Amerika

Misal Budi menunggak iuran selama 3 bulan, kemudian tanggal 5 Maret 2017 melunasi tagihan tersebut, maka apabila Budi harus menjalani rawat inap dan menggunakan kartu BPJS Kesehatan sebelum tanggal 20 April 2017, maka Budi kena denda. Tapi kalau rawat inap setelah tanggal 20 April 2017, maka terbebas dari denda.

Untuk rumus perhitungan dendanya :
(2.5% x biaya berobat) x bulan tertunggak

Contoh :

Budi menunggak pembayaran iuran selama 3 bulan. Kemudian belum 45hari semenjak tanggal pelunasan, Budi masuk rumah sakit dan harus rawat inap dengan biaya berobat sekitar 10 juta. Perhitungan dendanya sebagai berikut :

(2.5% x 10.000.000) x 3 = 750.000

Maka, denda yang di bebankan kepada Budi sejumlah Rp. 750.000

Prosedur Pelunasan Denda

Untuk melunasi denda keterlambatan ini, anda harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Berkas yang harus di bawa cukup Foto copy KTP kepala keluarga, foto copy kartu BPJS dan kartu BPJS nya dan yang paling penting, surat diagnosa awal dari rumah sakit. Surat diagnosa ini, akan di kasih oleh pihak rumah sakit saat anda mendaftarkan diri sebagai pasien rawat inap.

Berhubung antrian di kantor BPJS Kesehatan selalu membludak, maka datanglah lebih awal. Kantor BPJS Kesehatan buka jam 8, maka hadir lebih awal sekitar jam 7 untuk mendapatkan nomor antrian lebih awal. Apabila berkas yang anda lampirkan lengkap, proses pengecekan dan penghitungan denda tidak lebih dari 10 menit.

Perlu di ketahui, untuk kantor BPJS Kesehatan wilayah Surabaya, jam operasionalnya di mulai jam 8 pagi dan selesai jam 1 siang.

Dan bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran, harap mendaftar online saja, antriannya paaaanjang dan laaamaaa. kwkkww

Setelah pengecekan dan penghitungan denda selesai, nantinya akan ada surat keterangan pembayaran. Bawa surat tersebut ke kantor pos atau Bank mandiri untuk membayar denda yang tertera di surat tersebut. Di surat keterangan pembayaran tersebut akan tertera besaran biaya rawat inap dan dendanya. Setelah melakukan pembayaran denda, bawa struk pembayaran dari kantor pos/bank mandiri ke bagian administrasi rumah sakit.

HARAP DI INGAT, PIHAK RUMAH SAKIT SELALU MEMBERIKAN TENGGAT WAKTU PELUNASAN DENDA TERSEBUT.

APABILA MELEWATI TENGGAT WAKTU YANG SUDAH DI TENTUKAN, MAKA STATUS PASIEN AKAN BERUBAH MENJADI PASIEN UMUM

 

Baca Juga :  Daftar Film Paling Di Tunggu Tahun 2017

Leave a Reply