DOWNLOADFREE WORDPRESS TEMPLATES

Mengamankan Transaksi Finansial Dengan Menggunakan Token

 

Bagi anda yang terbiasa melakukan transaksi online, tentunya membutuhkan akun internet banking untuk memudahkan proses transaksi. Sebagai pengaman tambahan dalam melakukan transaksi internet banking, tiap bank menyediakan token pengaman, dimana token ini  untuk meng-generate kode yang nantinya digunakan untuk memverifikasi transaksi tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya, kode token ini di generate menggunakan dua cara, kode di kirim via SMS dan menggunakan alat bantu.  Contoh bank yang mengirimkan kode token melalui SMS adalah bank BRI. Sedangkan bank yang menggunakan alat bantu adalah Bank BCA dan Mandiri.

1. Token melalui SMS
Apalagi anda pengguna internet banking bank BRI, kode token akan di kirimkan melalui SMS. Pastikan pulsa anda tercukupi untuk menerima SMS, dan harus dalam masa aktif.

(+) Selama anda bawa HP dan terdapat jaringan, anda bisa menerima kode token dimanapun anda berada.
(-) Dibutuhkan pulsa untuk menerima SMS kode token, dan nomor harus dalam masa aktif.
(-) Apabila jaringan jelek, maka akan terjadi delay penerimaan sms tersebut.

SMS Token BRI

2. Token dengan menggunakan alat bantu
Untuk bank BCA, di sediakan alat bantu yang di sebut KeyBCA.

(+) Bisa di gunakan dimana saja dan kapan saja tanpa perlu menyediakan pulsa handphone.
(-) Rawan rusak dan hilang

Salah satu masalah yang sering ditemukan pada penggunakan token KeyBCA ini adalah, Lock PIN. Atau pernah melakukan salah input PIN sampai 3x. Biasanya token ini di buat mainan sama anak kecil, bagi anda yang sudah punya anak, atau terlupa dengan PIN nya.

Cara untuk membuka Lock PIN hanya dengan cara datang ke kantor cabang BCA terdekat. Karena nantinya akan ada penggantian token baru. Prosedurnya: siapkan buku tabungan, kartu ATM, KTP dan token yang rusak tersebut. Serahkan pada CS yang bertugas, nantinya anda akan mengisi form penggantian token. Ada biaya sebesar Rp. 10.000 yang di debet langsung dari rekening.

Baca Juga :  Amankan Akun Online Dengan Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Leave a Reply