Amankan Akun Online Dengan Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Amankan Akun Online Dengan Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Bagi para hacker, ada banyak cara untuk membobol akun online. Dari hacker abal-abal sampai dengan yang professional. Salah satu cara meminimalisir kemungkinan akun online di bobol adalah dengan mengaktifkan pengaman tambahan. Salah satunya dengan Two-Factor Authentication. Apa itu?

Two-factor authentication atau juga di kenal 2FA adalah cara untuk mengkonfirmasi keabsahan identitas user dengan mengkombinasikan 2 perangkat. Seperti contoh saat kita mau mengambil uang di ATM, maka kita butuh Kartu ATM dan nomor PIN yang cocok. Nah Kartu ATM dan nomor PIN ini adalah 2FA.

Akun email, facebook, twitter dan akun online lainnya sekarang sudah menyediakan fitur 2FA ini. Ada beberapa cara otentifikasi data pemilik, baik menggunakan confirmation code yang di kirimkan ke email cadangan, menggunakan kode yang terdapat di aplikasi tambahan seperti Google Autheticator, atau juga confirmation code yang di kirimkan melalui SMS.

Contoh 2FA akun Google Gmail

Bagaimana cara mengaktifkan Two-Factor Authentication ini? Seperti halnya menambah pengaman pada akun Facebook pada akun Gmail juga terdapat fitur ini.

GMAIL

1. Silahkan login terlebih dahulu pada akun gmail.

2. Kemudian bukan My Account pada pojok kanan atas di poto profil.

3. Pilih Sign-in & Security

4. Cari Password & Sign-in Method, pilih 2 step verification

5. Masukkan nomor handphone yang akan di gunakan. Untuk penerimaan kode verifikasi, bisa menggunakan Panggilan Telpon atau SMS.

6. Masukkan kode verifikasi yang anda terima.

7. Apabila kode cocok, maka akan ada notifikasi kalau pengaktifkan 2 Step verification berhasil.

8. Untuk mencoba fitur keamanan ini, silahkan buka browser dalam mode private atau incognito atau bisa juga menggunakan browser yang berbeda. Silahkan login akun gmail anda.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Video Keren

Untuk akun online lainnya, caranya sama, hampir tidak ada beda. Login ke akun, cari settingan keamanan, aktifkan fitur Two-Factor Authentication.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.