Cara Mengembalikan File Yang Terhapus / Hilang

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus / Hilang

Pernah ga, setelah ngetik artikel panjang lebar semalam suntuk, eh karena ngantuk ga sengaja kena hapus,  tengok di Recycle Bin juga hilang. Tentunya bikin panik dan pusing tujuh lingkaran. kwkkw

Anda tidak perlu khawatir, ada banyak software yang bisa membantu mengembalikan file tersebut. Kali ini saya coba menggunakan Recuva untuk mengembalikan data yang sudah terhapus. Biasanya sih pake EASEUS Data Recovery, dikarenakan versi crack, lebih baik saya kasih tutor menggunakan program yang free aja 😀 (Easeus Data Recovery juga ada yang versi Free, akan tetapi perlu upgrade ke versi berbayar ketika melakukan recover file).

Silahkan download program Recuva terlebih dahulu.

Setelah selesai install, jalankan program Recuva.

Pilih jenis file yang akan di pulihkan.

Kemudian tentukan lokasi file disimpan sebelum hilang/terhapus. Saya menggunakan flashdisk sebagai lokasi file yang akan di pulihkan.

Sebelum scanning, ada 2 jenis proses scanning, Normal dan Deep Scan. Normal scan proses hanya file yang mudah di jangkau oleh program tersebut, nah untuk Deep Scan, proses scanning akan lebih detail lagi sehingga file yang tidak terdeteksi normal scan, akan muncul pada proses Deep Scan ini. Deep Scan akan memerlukan waktu lebih lama dari normal scan.

Proses Scanning data

Setelah proses scanning selesai, akan muncul daftar file-file yang berhasil di deteksi. Tidak semua file ini bisa di recover, file dengan icon warna merah artinya unrecoverable, file tidak bisa di pulihkan dikarenakan sudah tertimpa dengan file lainnya (overwritten). Jadi cari file yang statusnya Excellent.

Setelah file yang di cari ketemu, silahkan lakukan recover, tentukan tempat untuk menyimpan file hasil recovery.

Silahkan cek file yang sudah di recovery tersebut, bisa jalan atau ga 😀

Baca Juga :  Mendaftar Affiliasi Amazon

Catatan : Segera lakukan proses recover data ketika file baru saja hilang/terhapus. Tidak semua file yang berhasil di recover bisa berjalan sempurna, bisa jadi sudah corrupt.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.