Cara Mudah Sewa Hosting dan Domain

Cara Mudah Sewa Hosting dan Domain

Beberapa waktu lalu saya sudah menjabarkan cara mendapatkan domain dan hosting gratis. Nah kali ini, saya coba lebih dalam berbagi ilmu, bagaimana kalo menggunakan domain dan hosting berbayar? tentunya agak sedikit berbeda prosesnya. Bedanya, hanya yang dulu gratis, yang sekarang bayar. kwkwkw

Sebelum kita lanjut ke proses sewa domain dan hosting, ada baiknya anda baca dulu, apa sih domain dan hosting itu?

Ok, saya asumsikan anda sudah membacanya, kita lanjut ke proses pencarian domain dan hosting yang cocok untuk anda.

Ada banyak penyedia sewa domain (kita sebut registrar) dan hosting. Baik lokal atau internasional. Biasanya, penyedia hosting lokal, juga menyediakan domain. Akan tetapi untuk skala internasional, ada yang hanya sebagai registrar ada juga yang menyediakan hosting sekaligus domainnya.

Contoh penyedia hosting internasional :

Hostgator | Hawkhost | iPage | Bluehost | Dreamhost | GoDaddy | Namecheap |

Contoh penyedia hosting lokal :

Qword.com | Jagoanhosting.com | iDwebhost.com | Exizz.com | Niagahoster.co.id | Domainesia.com | Masterweb.com

Harga sewa domain, rata-rata hampir sama. Nah, untuk harga sewa hosting yang bervariasi, tergantung paket yang di sediakan. Mulai Rp. 3.000/bulan, hingga Rp. 200.000/bulan. Sebagai contoh, saya ambil paket harga di iDwebhost.com

Dari perbandingan paket yang tersedia, kita hanya perlu perhatikan pada item tertentu saja : harga, disk space, bandwith, dan add on domain. Untuk fitur berikutnya, biasanya hampir sama semua.

Harga : tentu kebanyakan kita saat mau membeli/sewa pasti pertama yang di lihat adalah harga. Tapi, harga juga menentukan fitur yang akan anda dapatkan, makin mahal harga, makin lengkap fitur yang di dapat. Jangan tergiur dengan harga murah, perhatikan fitur berikutnya 😀

Disk Space : Kapasitas penyimpanan data di hosting. Setiap anda membuat artikel akan mengurangi kapasitas yang tersedia, apalagi kalo di sertai gambar.

Bandwith : Alokasi data yang di sediakan untuk transfer data antara server hosting tempat website anda berada kepada pengunjung website anda. Jadi, setiap website anda di akses orang, maka akan terjadi pertukaran data. Makin besar ukuran website anda, makin cepat habis bandwith yang disediakan untuk website anda. Apabila kapasitas bandwith sudah terlampaui, maka website anda tidak bisa di akses dan muncul pesan “Bandwidth Limit Execceded” . Nah website bisa di akses kembali saat bandwith sudah di reset tiap awal bulan.

Baca Juga :  Menambah Pengaman Pada Akun Facebook

Add on domain : domain tambahan. Saat anda sewa hosting akan di tawarin membeli domain baru atau menggunakan domain yang sudah anda miliki. Nah domain ini nantinya akan menjadi domain utama. Apabila anda bukan orang yang suka membuat banyak website, maka 1 domain saja kiranya sudah cukup. Akan tetapi ada juga orang yang membikin banyak website. Misal website untuk usaha tokonya, untuk adiknya, untuk temannya. Nah selama Disk Space mencukupi, maka bisa menggunakan 1 akun hosting untuk banyak website. Akan tetapi, apabila paket yang anda ambil tidak menyediakan add on domain, maka hosting yang anda sewa tidak bisa di tambah website baru. Jadi harus sewa hosting lagi apabila ingin membuat website baru.

Setelah anda bisa menentukan kebutuhan website, maka nantinya bisa menentukan juga paket mana yang akan di ambil. Jangan khawatir, andai nanti di tengah jalan disk space penuh atau bandwith yang di dapat kerasa kekecilan, anda bisa upgrade paket sewaktu-waktu tanpa harus mendaftar ulang dari awal.

Sebelum sewa hosting, silahkan anda tentukan dulu nama domain yang akan anda pakai.

Order Hosting

1. Setelah anda memilih paket yang di inginkan, silahkan tekan tombol Order.

2. Kemudian akan muncul halaman baru pengisian alamat domain yang akan di pakai. Ada 3 pilihan :

  • Daftar domain baru
  • Transfer domain ke idwebhost
  • Order tanpa domain (Menggunakan domain yang sudah anda miliki)

Misal anda mau daftar baru, silahkan isikan nama domain yang di inginkan pada kotak yang di sediakan, kemudian klik Lanjutkan. Apabila domain tersedia, akan muncul harga sewanya. Namun apabila domain sudah ada yang memiliki, maka akan ada pemberitahuannya.

Baca Juga :  Storm Codec Player

Setelah anda cari tersedia, silahkan tentukan siklus pembayaran domainnya, per tahun, per dua tahun, dst. Kemudian klik Lanjutkan

3. Penawaran fitur tambahan. Anda bebas mau menambahkan fitur tambahan, sifatnya opsional.

4. Apabila anda tidak mengambil penawaran, pastikan kotak pilihan tidak di centang. Kemudian klik Order.

5. Penawaran berikutnya adalah fitur keamanan profil domain atau biasa di sebut Whois. Setiap website yang sudah online, bisa di lihat profile pemiliknya. Profile pemilik domain ini bisa di sembunyikan dengan mengaktifkan fitur Whois, ada biaya tambahan untuk pengaktifan fitur ini. Klik Lanjutkan apabila anda sudah menentukan pilihan.

6. Halaman ini merupakan ringkasan order yang anda ambil. Tersedia juga kolom kode kupon diskon apabila anda punya. Apabila ada produk yang tidak anda inginkan, bisa langsung di hapus. Perhatikan kembali jenis paket yang di ambil, berikut juga nama domain yang anda pesan. Setelah anda melakukan pembayaran, anda tidak bisa merubah transaksi yang sudah terjadi.

7. Silahkan isi data pendaftaran akun hosting. Data profile inilah yang nantinya muncul saat pengecekan Whois. Anda bisa menyembunyikan data ini apabila mengaktifkan fitur Whois atau Amankan Kontak Domain. Pastikan anda mengisi data dengan benar dan sesuai kartu identitas.

8. Setelah anda berhasil login ke akun tersebut, silahkan lakukan pembayaran sesuai ketentuan yang tercantum di halaman pembayaran. Setelah melakukan transfer, anda di wajibkan melakukan konfirmasi pada link yang sudah tersedia.

Nomor invoice dan jumlah pembayaran harus di cantumkan saat pembayaran order
Contoh halaman konfirmasi

Ok, sampai disini proses pemesanan hosting dan domain sudah selesai. Silahkan cek email anda untuk mendapatkan detail hosting dan domain.

Nantinya dalam email akan tercantum detail login cPanel, daftar alamat DNS, berikut masa aktif layanan. Harap di simpan detail ini sehingga mudah di cari apabila di butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *