Menambah Pengaman Pada Akun Facebook

Menambah Pengaman Pada Akun Facebook

facebook security

Tentunya sudah sering kita dengar, ada akun facebook yang kena “hack”, entah karena lupa log out saat di warnet, terkena keylogger, atau memang benar-benar di bobol oleh orang lain.

Banyak motif bagi sang pembobol, mulai dari tindak penipuan, atau sekedar iseng tes ilmu  😛

Kali ini saya ingin berbagi ilmu, bagaimana menambahkan pengaman pada akun facebook anda, agar bisa meminimalkan kemungkinan di bobol oleh orang tidak bertanggung jawab.

Login terlebih dahulu pada akun anda, kemudian menuju Setting

Dari setting, silahkan pilih Security

Login Notification
Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui Email atau SMS apabila login akun facebook pada peralatan yang belum pernah di pake sebelumnya, contoh : login menggunakan PC warnet yang berbeda-beda.

Login Approval
Setiap login, anda akan membutuhkan Code Approval, kode ini bisa di dapatkan dengan 3 cara :
1. Melalui SMS di nomor telpon yang telah di daftarkan.
2. Code Generator, code generator ini terdapat di aplikasi Facebook for Android/iOS/Windows Phone
3. Code terlampir, anda akan di sediakan 10 kode yang bisa di print dan bisa di gunakan apabila anda tidak memiliki akses terhadap handphone anda, pastikan 10 kode ini tersimpan aman.

Code Generator
Mengaktifkan fitur Code Generator di apps Facebook for Android/iOS/Windows Phone

Your Browsers and Apps
Daftar browser dan apps yang sudah pernah anda akses dan simpan, sehingga nantinya apabila login akun facebook anda melalui browser dan apps tersebut, anda tidak akan mendapatkan Pemberitahuan.

6

Where You’re Logged In
Daftar riwayat browser atau device yang pernah anda gunakan untuk login akun Facebook. Dari sini kita bisa ketahui, darimana saja akun anda pernah digunakan, baik oleh anda sendiri, atau oleh orang yang berusaha login ke akun facebook anda 😀

Baca Juga :  Instalasi Fresh Store Builder

7

 

Contoh penampakan Notifikasi login dari device/browser yang belum di kenal

Screenshot_2 Screenshot_3

This is Okay apabila anda mengenali aktifitas login tersebut.

I dont recognise apabila anda tidak mengenali aktifitas login tersebut

Screenshot_4

Apabila anda mengenali aktifitas login tersebut, maka akan ada opsi Save Browser, anda akan menyimpan aktifitas ini sehingga pada login berikutnya tidak memerlukan Approval. Dont save apabila anda tidak ingin menyimpan aktifitas login ini, sehingga login berikutnya membutuhkan Approval.

 

Contoh penampakan proses login dari device/browser yang tidak dikenal

Screenshot_6

Anda bisa mengisikan kotak kode tersebut dengan kode yang di dapat melalui Code generator atau 10 Kode yang sudah anda print sebelumnya. Apabila tidak bisa keduanya, anda bisa request code yang nantinya akan di kirimkan via SMS ke handphone anda, tentunya anda sudah mendaftarkan terlebih dahulu nomor handphone tersebut.

Screenshot_7