Pizza Hut, Waralaba Makanan Asal Amerika

Pizza Hut, Waralaba Makanan Asal Amerika

Pizza Hut adalah restoran waralaba makanan internasional yang berpusat di Addison, Texas, Amerika Serikat. Legenda Pizza Hut dimulai tahun 1958 oleh dua bersaudara Dan Carney dan Frank Carney dari Wichita, Kansas – Amerika Serikat. Dengan modal awal $600 hasil pinjaman dari sang ibu, mereka membeli peralatan masak dan menyewa bangunan kecil dan sederhana di persimpangan yang ramai di kota kelahiran mereka. Hasil dari usaha mereka adalah restoran Pizza Hut pertama dan juga merupakan dasar terciptanya restoran Pizza terpopuler di dunia.

Pada saat berdiri, produk awal yang dihasilkan Pizza Hut adalah “Thin ‘n Crispy” hasil racikan Carney bersaudara terdiri dari Thin ‘n Crispy, salad dan Soft Drink. Pizza Hut mula-mula hanya merupakan usaha restoran perorangan, berkembang menjadi restoran waralaba dengan cabang pertama di Topeka, Kansas pada tahun 1959. Kemudian berkembang lagi menjadi restoran waralaba internasional pada tahun 1968 dengan membuka cabang di Canada. Setelah itu pada tahun 1969 Pizza Hut resmi menggunakan logo “Red Roof”

Pada tahun 1977, PepsiCo, Inc membeli Pizza Hut dan menjadikan restoran Pizza ini makin berkembang hingga saat ini memiliki 34.000 restoran dan delivery service lebih dari 100 negara.
Pizza Hut memiliki beberapa konsep restoran, Makan di tempat (Dine In), RBD (Restaurant Based Delivery) dan Pesan Ambil (Carry Out).
Menu di Pizza Hut terbagi menjadi 3 jenis, Appetizer, Main dishes (Pizza dan non pizza) serta Dessert.
Appetizer atau makanan pembuka terdapat bermacam jenis salad dan makanan pembuka lainnya, seperti : Garlic Tomato Bruschetta, Breadstick, Chicken Wings. Dan tak lupa Garlic Bread.
Main dishes ada 4 jenis ukuran Personal, Small, Medium dan Large, akan tetapi di beberapa restoran menghilangkan jenis small.
Ada beberapa jenis pizza Thin & Crispy Pizza, Stuffed Crust Pizza, Dippin’ Strips Pizza, The Edge Pizza, dan Pan Pizza. Dengan berbagai macam jenis topping disediakan (Pepperoni, Italian Sausage, Ham, Chicken, Red Onions, Black Olives, Green Peppers, Bacon, Mushroom, Beef, Pork, Tomatoes) dan sebagai tambahan ada pula jenis yang spesial, yaitu Meat Lovers, Pepperoni Lovers, Cheese Lovers, Veggie Lovers, Double Cheeseburger, Supreme, Super Supreme dan yang terbaru adalah Pizza Mia. Selain menu – menu pizza yang umum, dibuat juga pizza sesuai dengan wilayah masing – masing restoran dan selera customer.

Baca Juga :  Kisahku Dengan WebHosting #WaktunyaMoveOnSob

Pizza Hut di Indonesia berdiri pertama kali pada tahun 1984 di Pizza Hut Djakarta Theater, selanjutnya di susul oleh Pizza Hut POndok Indah pada tahun 1985 dan Pizza Hut Tebet pada tahun 19897 di bawah PT. Trijaya Pelangi. Dan kini hampir 200 restoran Pizza Hut tersebar di seantero Indonesia.

Begitulah sejarah dari Fitsa Hats eh, Pizza Hut sejak berdirinya di Wichita hingga merambah sampai kota-kota di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *