Salman bin Abdulaziz Al Saud, Raja Kerajaan Saudi Arabia

Salman bin Abdulaziz Al Saud, Raja Kerajaan Saudi Arabia

Sudah beberapa hari ini heboh pemberitaan tentang rencana kunjungan dari kerajaan Saudi Arabia yang di pimpin langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, berikut rombongannya yang mencapai 1500 orang. Karena berita tentang rencana kunjungan ini sudah di ulas banyak portal berita, kali ini saya ingin berbagi info tentang, Siapa sih Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud ini?

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud naik tahta pada 23 Januari 2015 menjadi Raja Saudi Arabia menggantikan saudaranya, Raja Abdullah yang wafat.

Lahir pada 31 Desember 1935 di Riyadh, putra Raja Abdulaziz bin Abdulrahman al Saud. Ibunya adalah Hassa binti Ahmad al-Sudairi. Dibesarkan dalam lingkungan keluarga kerajaan yang disiplin menjadikan Raja Salman sudah menghafal Al Quran pada usia 10 tahun.

Awal berkecimpung di dunia pemerintahan adalah saat Raja Salman menjadi wakil gubernur Riyadh tahun 1954 di usia 19 tahun, bertugas selama 1 tahun. Kemudian menjadi Gubernur Riyadh pada tahun 1963 hingga tahun 2011.

Pada masa Gubernur Salman, kota Riyadh di kembangkan menjadi salah satu kota metropolis dunia,  dan kini menjadi salah satu kota terkaya di Timur Tengah.

Selepas menjadi Gubernur Riyadh, Raja Salman menjadi Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Saudi Arabia.

Pada tahun 2012, Raja Salman di angkat menjadi Putra Mahkota Kerajaan setelah kematian saudaranya. Dan di angkat menjadi Raja pada tahun 2015.

Ketegasan Raja Salman

Arab Saudi di bawah kepemipinan Raja Salman secara tegas telah mengeksekusi (qishash) salah satu pengerannya yang terlibat pembunuhan. Sebuah pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi telah mengkonfirmasi hal tersebut pada hari Selasa kemarin (18/10), dengan melaksanakan perintah eksekusi pada Pangeran Turki bin Saud al-Kabir.

Baca Juga :  Antisipasi Serangan RansomWare WannaCrypt

Dilansir dari laman al-Arabiya (19/10/2016), sang pangeran dinyatakan bersalah tiga tahun lalu oleh pengadilan Saudi karena membunuh seorang pemuda Saudi menyusul perkelahian kelompok di wilayah al-Thumama di pinggiran Kota Riyadh.

Pernyataan itu mengatakan bahwa “Turki bin Saud al-Kabir membunuh warga Saudi Adel bin Suleiman bin Abdul Karim Mohaimeed.”

Pernyataan itu menambahkan bahwa “pemerintah mampu menangkap pelaku yang disebutkan di atas. Setelah penyelidikan, mereka menuduhnya melakukan kejahatan dan dakwaannya dikirim ke Pengadilan Umum. Dia didakwa dengan apa yang dikaitkan dengannya dan dihukum mati.“

Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung sepakat pada dakwaan. Sebuah Keputusan Kerajaan dikeluarkan untuk pelaksanaan aturan pengadilan.

sumber :

  1. Dunia Timteng
  2. Wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.