Uang Rupiah Baru 2016

Uang Rupiah Baru 2016

Udah pada tau kalo Bank Indonesia menerbitkan seri uang rupiah baru? tiap peluncuran uang rupiah baru tentunya di ikuti dengan desain yang baru pula. Bagaimana desain dari uang rupiah baru untuk seri uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016?

Uang rupiah baru yang di luncurkan pada tanggal 19 Desember 2016 terdiri dari 7 pecahan uang rupiah kertas dan 4 pecahan uang rupiah logam. Terdiri dari nilai nominal Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

“Uang rupiah baru tersebut akan dilengkapi dengan unsur pengamanan yang lebih kuat untuk menanggulangi peredaran uang palsu. Antara lain melalui penguatan unsur pengaman antara lain dilakukan melalui color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso,”

Berikut desain uang rupiah baru Tahun Emisi (TE) 2016

Uang Rupiah Baru Kertas

1. Pecahan Rp100 Ribu

Bergambar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta di bagian utama dan bunga anggrek bulan di bagian belakang. Uang pecahan yang dominan warna merah ini terbuat dari kertas khusus dari serat kapas dan berukuran fisik 151 mm x 65 mm.

2. Pecahan Rp50 Ribu

Uang ini bergambar muka pahlawan nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja serta bergambar belakang Tari Legong, pemandangan alam Taman Nasional Komodo, bunga jepun bali. Uang kertas berdominan warna biru ini terbuat dari kertas khusus dari serat kapas dan berukuran fisik 149 mm x 65 mm.

3. Pecahan Rp20 Ribu

Uang pecahan Rp20 ribu yang berwarna dominan hijau ini bergambar muka Dr. G. S. S. J. Sam Ratulangi dan pemandangan alam Derawan dan bunga anggrek hitam pada gambar belakang. Uang kertas yang terbuat dari kertas khusus dari serat kapas ini berukuran fisik 147 mm x 65 mm.

Baca Juga :  Hostgator Coupon Code

4. Pecahan Rp10 Ribu

Uang kertas pecahan Rp10 ribu ini berwarna dominan ungu. Uang pecahan berukuran 145 mm x 65 mm ini bergambar muka seorang pahlawan dari Papua, Frans Kaisiepo, dan bergambar belakang pemandangan alam Taman Nasional Wakatobi, Tari Makarena, dan bunga cempaka hutan kasar. Bahan kertas ini adalah kertas khusus yang terbuat dari serat kapas.

5. Pecahan Rp5 Ribu

Uang pecahan Rp5 ribu berwara dominan cokelat. Ada pahlawan nasional Dr. K. H. Idham Chalid di bagian utama serta Tari Gambyong, pemandangan alam Gunung Bromo, dan bunga sedap malam di bagian belakang uang. Sama dengan pecahan lainnya, uang ini terbuat dari kertas khusus dari serat kapas. Ukuran fisiknya 143 mm x 65 mm.

6. Pecahan Rp2 Ribu

Uang berdominan warna abu-abu ini bergambar pahlawan Mohammad Hoesni Thamrin alias M. H. Thamrin di bagian muka, sedangkan di bagian belakang ada Tari piring, pemandangan alam Ngarai Sianok, dan bunga jeumpa. Bahan kertas ini adalah kertas khusus dari serat kapas dan berukuran 141 mm x 65 mm.

7. Pecahan Rp 1.000

Bagian muka uang pecahan Rp1000 emisi tahun 2016 akan diisi seorang wanita pahlawan dari Tanah Rencong, yaitu Cut Nyak Meutia, sedangkan bagian belakangnya bergambar pemandangan alam Banda Neira dan bunga anggrek larat. Uang berwarna dominan hijau serta terbuat dari kertas khusus dari serat kapas dan berukuran fisik 141 x 65 mm.

Uang Rupiah Baru Logam

8. Pecahan Rp 1.000

Uang koin Rp1.000 ini bergambar muka pahlawan dari Bali, I Gusti Ketut Pudja. Uang koin ini berukuran 24,10 mm x 0,10 mm. Bahannya pun berbeda dengan uang logam pecahan lainnya yang terbit pada tahun ini. Bahan uang logam pecahan Rp1.000 ini adalah nikel berlapis baja dan berwarna putih keperakan.

Baca Juga :  Persiapan Sebelum Melakukan Travelling atau Bepergian

9. Pecahan Rp500

Uang Rp500 ini berukuran 27,20 mm x 0,05 mm dan terbuat dari aluminium. Uang koin yang berwarna dominan putih aluminium ini bergambar muka Letjen TNI T. B. Simatupang.

10. Pecahan Rp200

Uang logam yang terbuat dari aluminium ini bergambar muka salah seorang pendiri Boedi Oetomo, yaitu Dr. Tjipto Mangoenkoesoemoe. Nah, warna uang logam ini didominasi putih aluminium dan berukuran 25,00 mm x 0,05 mm.

11. Pecahan Rp100

Uang logam Rp100 ini bergambar muka seorang pahlawan nasional bernama Herman Johannes. Sekadar informasi, Johannes adalah seorang fisikawan dan kimiawan yang membantu tentara Indonesia untuk memblokade gerakan pasukan Belanda dalam Agresi Militer II. Uang yang berbahan dasar aluminium dan berwarna dominan putih aluminium ini berukuran paling kecil dari uang logam lainnya, yaitu 23 mm x 0,05 mm.

Setelah diterbitkannya rupiah baru, maka uang rupiah yang sudah beredar di masyarakat masih berlaku dan masih bisa digunakan sebagai alat transaksi yang sah sampai BI menarik peredaran rupiah lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.